5 Alasan Tidak Tinggal dengan Orang Tua Setelah Menikah

Alasan Tidak Tinggal Dengan Orang Tua Setelah Menikah – Setiap pengantin baru pasti punya pertimbangan tersendiri bagaimana baiknya. Apakah harus tinggal serumah dengan orang tua. Atau terpisah dari orang tua.

Tinggal terpisah dari orang tua setelah menikah jauh lebih baik dari pada masih numpang bareng orang tua. 5 alasan inilah agar kamu tidak tinggal bareng orang tua selepas menikah :

5 Alasan Tidak Tinggal Dengan Orang Tua Setelah Menikah

1. Menciptakan Momen Kebersamaan

Sejak memutuskan untuk menikah, tentu kalian sudah mempunyai komitmen untuk bersama.  Segala urusan rumah tangga, akan kalian kerjakan bersama. Susah dan senang akan kalian jalani berdua. Berbeda jika tinggal dengan orang tua atau mertua. Kalian bersama akan membagi tugas dengan pasangan, bahkan bisa mengerjakannya secara bersama.

2. Tidak Merepotkan Orang Tua

Setelah menikah, kita akan menghadapi dunia baru. Sebisa mungkin kita tidak lagi merepotkan orang tua, sebab selama ini mereka sudah menguras waktu, tenaga, dan finansial untuk merawat kita. Sudah seharusnya kita harus bisa mengatur dan menyelesaikan urusan rumah tangga kita sendiri.

3. Lebih Intim dengan Pasangan

Saat tinggal berdua bersama pasangan, sebagian besar waktu akan kita habiskan bersama pasangan. Bahkan untuk hal-hal yang bersifat intim, tidak akan canggung untuk kalian lakukan, sebab tidak ada orang lain lagi.  Selain itu, pekerjaan rumah yang kalian kerjakan bersama, mampu membangun kedekatan kalian dengan sempurna.

4. Adaptasi dengan Pasangan

Sebelum dan sesudah menikah tentu akan banyak kita temui perbedaannya. Memasuki kehidupan pernikahan, akan menciptakan berbagai transisi diantara kita dan pasangan. Semula kita banyak mengurus keperluan diri sendiri, kini kita akan mengurus sosok baru dalam hidup kita. Dengan memutuskan untuk hidup mandiri bersama pasangan, kita akan lebih cepat untuk beradaptasi dengan kebiasaan pasangan juga segala karakteristiknya.

5. Menghindari Konflik

Memilih tinggal mandiri dengan pasangan, mampu menghindari konflik dengan orang tua maupun mertua. Sebab antara kita dengan orang tua maupun mertua, tentu mempunyai pemikiran masing-masing. Hal itu seringkali tidak sejalan, sehingga menimbulkan konflik. lebih baik jika kita tinggal secara mandiri, dan kita bisa mengatur rumah tangga kita sendiri, mulai dari hal kecil hingga hal yang besar.
Diatas adalah 5 alasan tidak tinggal dengan orang tua setelah menikah. Namun tidak semua pengantin bisa melakukannya.
Bagi anak perempuan tunggal, pisah rumah dengan orang tua setelah menikah bisa membuat kedua orang tua kesepian.

15 pemikiran pada “5 Alasan Tidak Tinggal dengan Orang Tua Setelah Menikah”

  1. Sebelum menikah saya sempat memiliki impian semacam ini. Tapi apa daya akhirnya tinggal bareng orang tua suami. Memang tidak serumah, tetapi masih dalam satu pagar. Poin kelima sangat terasa. Jika ada sedikit beda pendapat seringnya meng-iya-kan saja.

    Balas
  2. Pas banget nih, terutama nomor 5, menurut aku sebaik-baiknya mertua dan menantu tetap ada saja yang bisa memicu konflik diantara keduanya. Cara amannya tinggal dirumah masing-masing

    Balas
  3. Maunya sih kadang tidak serumah tpi ada hal2 yg kadang gak memungkinkan. Akhirnya dijalanani dengan berbagai antisipasi dan resiko. Tp tentu kita harusnya sblm menikah sudah menyiapkan diri apakah tinggal dengan ortu atau pisah hehe

    Balas
  4. Hihi bener banget ini mbak. Udah lama juga saya nih pengin boyongan. Tapi ditahan tahan terus sama ayah. Katanya ngga ada yang nemenin beliau di rumah. Agak berat juga permintaannya

    Balas
  5. Mendekatkan surga bagi orangtua. Itu poin keenam.
    Orangtua, biasanya kalau melihat anaknya belum berhasil akan sedih (Dan kadang uring-uringan) sehingga neraka terasa dekat.
    Kalau jauh, hanya bahagia yang diketahui, dan surga akan jadi lebih dekat karena orangtua yang bahagia akan banyak berdoa yang baik.

    Balas
  6. Saya dan suami sama-sama perantau, jadi sudah pasti tinggal jauh dari orang tua dan juga mertua. Memang sih, setelah menikah itu lebih enak dan nyaman kalau tinggal sendiri. Bisa mengelola rumah tangga tanpa campur tangan orang tua

    Balas
  7. menghindari konflik dan saling menjaga perasaan. alasan ini yg banyak digunakan sebagai alasan keluarga baru harus segera mandiri. kalo harus tinggal bersama orang ya harus siap dengan segala resikonya. dan insyaAllah kalo bisa sabar dan rukun bersama keluarga, pahalanya juga besar

    Balas
  8. Setuju nih sama poin2nya, saya dan suami pun setelah menikah memilih merantau, jadi ada apa2 ya berdua, selesaikan berdua. Tapi, sebenarnya tinggal sama ortu ataupun mertua pasti ada berkahnya

    Balas
  9. Dulu sebelum nikah sih perjanjiannya nggak mau ikut salah satu orang tua. Pokoknya mau tinggal di rumah sendiri. Tapi setelah menikah, justru pengennya dekat dengan orang tua, supaya mudah mengawasi dan mendampingi beliau

    Balas

Tinggalkan komentar