5 Kesalahan Dalam Mengatur Keuangan Yang Sering Dilakukan

Masih banyak anak muda yang melakukan kesalahan dalam mengatur keuangan mereka. Anak muda cenderung hidup berfoya-foya. Apa yang bisa dibeli, ya di beli.

Masa muda adalah masa yang tepat untuk mengatur keuangan. Sebab jika keuangan atau finansial tidak diatur dengan baik, kita akan menyesal dihari tua. Minimal saat hari tua kita sudah tidak memiliki tanggungan hutang, maupun kredit apapun.

Oleh karena itu, saya akan berbagi tips agar kalian tidak salah dalam mengelola Finansial.

5 Kesalahan Dalam Mengatur Keuangan

1. Tidak Mengontrol Pengeluaran

Kebanyakan dari kita,membuat anggaran secara garis besar tiap bulannya. Misalnya sebesar 20% untuk pengeluaran. Kita lupa untuk membaginya secara detail. Akhirnya, pengeluaran menjadi tidak terkontrol dengan tepat. Solusinya, buat anggaran secara detail, misalnya pengeluaran untuk makan, transportasi, belanja, dan sebagainya.

2. Melupakan Dana Darurat

Karena hanya terfokus pada pengeluaran saja, kita sering lupa menyisihkan gaji untuk dana darurat. Apalagi dimasa depan, kita tidak pernah tau apa yang terjadi. Misalnya kita harus diberhentikan dari pekerjaan, atau mungkin bisnis kita mengalami penurunan. Solusinya, alokasikan sekian persen dari gaji kita untuk memenuhi anggaran darurat.

3. Membatasi Pengeluaran Bernilai Kecil Saja

Menghindari pengeluaran kecil misalnya makan, nongkrong, sebenarnya tidak seberapa memberikan pengaruh. Padahal, ada pengeluaran lain yang perlu kita tekan. Solusinya, mengurangi pengeluaran yang bernilai tinggi, misalnya kartu kredit, atau berbagai macam cicilan, Hal ini lebih efektif untuk mengontrol pengeluaran

4. Tidak Adanya Strategi Pengelolaan Uang

Bagi kita yang memiliki utang kartu kredit dan KPR, biasanya ada pembayaran minimum. Kebanyakan dari kita akan memilih membayarnya dengan minimum payment. Padahal justru itu tidak akan membuat kredit kita cepat lunas. Solusi, kita gunakan strategi debt snowball. Dimana kita fokus membayar hutang dengan melebihi minimum paymentnya.

5. Melupakan Tabungan Pensiun

Kita perlu menyiapkan sedini mungkin tabungan pensiun, Jadi jika masa pensiun sudah tiba,kita sudah bisa menikmati masa tua dengan tenang. Solusinya, ikutlah program deposito atau lainnya yang rendah resiko. Lalu hitung juga dana pensiun yang idealnya dibutuhkan.

Dengan 5 solusi finansial tersebut, semoga bisa membantu kita mengatur keuangan dengan baik. Kuncinya, buat strategi dan anggaran secara detail, serta menjalankannya dengan disiplin.

Tinggalkan komentar