Usia Emas Anak. Bunda Harus Lakukan 6 Hal ini

Usia Emas Anak – Pada 1000 hari setelah kelahiran anak, merupakan usia emas anak. Sebagai orang tua, tentu menjadi hal penting yang tidak boleh dilewatkan. Pertumbuhan dan perkembangan anak akan berjalan pesat pada usia emas ini. Supaya usia emas anak menjadi optimal, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan orang tua.
Banyak hal yang harus dilakukan orang tua kepada anak, terutama ketika mendidik anak. Hal kecil seperti menolak permintaan anak harus diperhatikan. Namun pada artikel ini akan saya bahas kewajiban orang tua saat anak diusia emas.

Berikut ini 6 hal yang wajib bunda lakuin di Usia Emas Anak

1. Melatih Motorik Kasar dan Halus

Disuia emas anak adalah momen dimana orang bisa memberikan banyak stimulasi agar anak tumbuh cerdas. Salah satunya terhadap motoriknya.
Motorik kasar meliputi aktivitas yang banyak menggunakan otot, misalnya bermain bola, berenang, berlari memindahkan benda, dan sebagainya. Sedangkan untuk merangsang motorik halus, anak bisa dilatih untuk mewarnai, bermain pasir, menebali garis, dan sebaganya.

2. Melatih Perkembangan Kognitif

Kita bisa mengajaknya mengunjungi tempat baru, misalnya saja kebun binatang. Disana mereka akan melihat berbagai macam hewan, lalu kita bisa melatih mereka untuk mendeskripsikan singkat tentang karakteristik hewan : ada ekor atau tidak, bagaimana ukuran badan, atau bagaimana bentuk mata hewan.

3. Jadilah Pendengar untuk Anak

Saat sudah bisa berbicara, anak biasanya akan menceritakan apapun apa yang mereka lihat, termasuk pengalaman-pengalaman baru. Dengarkan apa saja yang mereka ceritakan, dengan begitu anak akan menjadi percaya diri untuk mengungkapkan apa yang ada dipikiran mereka.

4. Siap dengan Jawaban

Pada usia emas, otak mereka akan dipenuhi dengan berbagai macam pertanyaan. Jangan heran, jika ia akan terus mengajukan pertanyaan pada kita. Berilah mereka jawaban yang sederhana, sehingga mereka mudah memahaminya.  Melalui pertanyaan dan jawaban, mampu melatih perkembangan otak mereka.

5. Mulai Arahkan Kegemaran

Kenali apa saja yang menjadi kegemarannya, lalu kita bisa mengarahkan. Misal, anak gemar sekali mencoret-coret dinding, lalu kita bisa arahkan misal bermain cat air. Selain itu, perhatikan juga keamanan saat bermain.

6. Jadilah Cermin

Berilah anak contoh sikap dan tutur kata yang baik. Misal, membereskan mainan sesudah bermain, atau memberikan contoh penggunaan kata “tolong” dan “maaf”. Sebab anak hanya bisa meniru apa yang mereka lihat. Jadilah cerminan yang baik bagi anak-anak kita.

Tinggalkan komentar