4 Tipe Kepribadian Anak yang Perlu Dipahami

Moms, setiap anak mempunyai tipe kepribadian masing-masing. Sebagai orang tua sebaiknya kita kenal betul bagaimana kepribadian anak kita. Jika kita sudah mengenal dengan baik kepribadian anak, maka kita bisa mengarahkan pola asuh kita harus seperti apa.

Dengan memahami kepribadian anak, orant tua akan lebih mudah dalam mendidik anak. Jangan lupa baca juga ya moms, Tips supaya anak cerdas rekomendasi Psikolog. Tips menolak permintaan anak, Haram ucapkan kata JANGAN.

Nah, supaya kita lebih tepat dalam mengasuh sesuai kepribadian anak, yuk kita pahami apa saja tipe kepribadian anak.

4 Tipe Kepribadian Anak Yang Wajib Di Ketahui Orang Tua

1. Sanguinis

Tipe kepribadian sanguinis, umumnya senang berbicara, memiliki banyak ide, mudah mencairkan suasana, cepat tanggap, dan kekinian. Kesenangannya berbicara membuatnya mudah untuk mengungkapkan perasaannya. Tidak melulu merengek bahkan menangis, kperibadian sanguinis akan langsung berbicara, mengungkapkan apa yang ia mau.

Sebagai orangtua, sebaiknya kita mengarahkannya, agar anak berpikir terlebih dahulu sebelum mengeluarkan pendapat.

Kelemahannya adalah sifatnya yang moody, terkadang malah anak membesarkan masalah yang mungkin saja hanya sepele.

2. Melankolis

Anak dengan kepribadian melankolis, cenderung sangat berhati-hati, detail, analitis, berpikir logis, dan objektif. Selain itu, tipe melankolis, cenderung lebih pendiam. Meskipun pendiam, ia sangat senang mengamati data, atau senang observasi. Terkadang, ia terlalu perasa atau mudah terbawa perasaan, dan agak kaku.

Orangtua perlu mengajarkan anak agar berani mengungkapkan pendapat dengan sederhana, agar ia tidak terbiasa menyembuyikan apa yang ia rasakan, baik kesedihan, atau yang lainnya.

3. Plegmatis

Ciri-ciri anak berkepribadian plegmatis adalah tenang, pendengar yang baik, konsisten, rendah hati, damai, dan tidak menyukai konflik. Bisa dikatakan, ia menyukai zona nyaman. Artinya, dia kurang cepat beradaptasi dengan suatu hal yang baru.

Perlu diajarkan oleh orang tua yaitu keberanian anak untuk berbicara, mengekpresikan diri. Membiasakan mereka untuk tidak malu ataupun salalh saat mengungkapkan pendapatnya.

4. Koleris

Anak dengan tipe koleris, umumnya berani bicara dan mengungkapkan apa isi hatinya. Selain itu tipe koleris membuat anak lebih dominan, kaku, praktis, dan efisien. Anak berkepribadian koleris sangat menyukai tantangan dan cenderung menyukai penghargaan dari orang lain atas kemampuannya.

Karena tipe koleris ini sangat kuat, maka tidak heran jika keinginan tak terpenuhi, anak akan mudah marah dan tersinggung. Maka orang tua perlu mengajarkan anak untuk bisa berkomunikasi dengan baik dan menghargai lawan  bicaranya. Biasakan juga agar anak tidak terlalu kaku (fleksibel) dan berempati pada orang lain.

Nah, itu tadi moms, tipe-tipe kepribadian anak. Yuk, kita kenali kepribadian anak kita, supaya lebih mudah untuk diarahkan. Semangat ya moms 🙂

Penelusuran yang terkait dengan kepribadian anak

macam-macam kepribadian siswa, tes kepribadian anak 3 tahun, kepribadian anak sekolah dasar,makalah perkembangan kepribadian anak,macam macam karakter anak,tes karakter anak, pembentukan kepribadian anak pdf, jenis jenis kepribadian pdf

Tinggalkan komentar